Pendidikan Bahasa Inggris di TK
Pendidikan bahasa Inggris di TK dimaksudkan untuk mengenal bahasa Inggris pada usia dini serta untuk membangun sikap positif terhadap bahasa Inggris.
Metode pembelajaran bahasa Inggris di TK adalah bentuk kegiatan belajar-mengajar dengan sistem tutorial yang dikombinasikan dengan permainan dan nyanyian yang bersifat mendidik.
Bahasa Inggris berfungsi sebagai alat untuk menciptakan makna atau alat untuk berkomunikasi dalam rangka menyelenggerakan kegiatan sekolah.
Tujuan pendidikan bahasa Inggris di TK adalah mengenalkan kemampuan pengucapan bahasa Inggris dalam konteks sekolah. Hal ini direalisasikan dengan cara :
1. Mengucapkan kosa kata bahasa Inggris dengan lafal yang benar.
2. Menghapal setiap kosa kata bahasa Inggris dengan artinya.
3. Menyanyikan lagu-lagu bahasa Inggris.
4. Merespon instruksi ringan dengan tindakan atau ujaran.
Pembelajaran bahasa Inggris di TK lebih menekankan pengembangan kompetensi bahasa lisan. Ada empat tahap pembelajaran berdasarkan teori Vygotsky dan Bruner, yaitu :
1. Building knowledge og the field.
Pada tahap ini anak diminta saling bergaul dengan sesama peseta didik.
2. Modelling of the text.
Di tahap ini guru mengenalkan kepada peserta didik apa yang akan diberikan untuk
komunikasi ringan tanpa harus memberikan teori sebelumnya, contohnya pengucapan
kata-kata sehari-hari.
3. Joint construction
Pada tahap ini, anak diminta untuk berlatih melakukan pengucapan kosa kata bahasa Inggris
yang dibahas sesuai tema.
4. Independent construction
Pada tahap ini peserta didik dapat mendemonstrasikan kemampuannya di depa kelas, baik
secara individu maupun bersama teman sesuai tugas/ tema yang diberikan guru.