Bayi dan Ibu

Bayi dapat mengenali ibunya dengan sejumlah cara :
- Pengenalan raut wajah. Bayi yang baru lahir menatap wajah ibunya lebih lama dibandingkan menatap wajah asing. Jadi dia dapat membedakan yang mana Anda dan yang mana orang lain sejak usianya masih sangat dini, mungkin sejak beberapa minggu setelah kelahiran.
- Bau tubuh. Bayi yang diberi ASI menjadi sangat peka terhadap aroma susu ibunya, dan sepertinya hal itu berpengaruh pada kemampuannya membedakan bau tubuh ibunya.
- Nada suara. Bayi yang baru lahir menyukai dan mengenali suara ibunya. Hal ini sungguh sulit dipercaya, tetapi masuk akal karena dia selalu mendengar suara ibunya selama sembilan bulan dalam kandungan. Hal itu membuatnya merasa aman dan terlindungi.
- Nyanyian. Mungkin Anda mengira suara nyanyian Anda tidak merdu, tetapi bayi Anda tidak berpikir begitu. Dia menyukai nyanyian Anda sampai-sampai ketika ada perubahan pada nada kesukaannya, maka dia terlihat kurang merespon.

Tips membangun kedekatan dengan bayi Anda :
- Tataplah bayi Anda saat dia minum susu. Kapanpun bila memungkinkan, arahkan wajah Anda kepadanya sehingga jelas terlihat olehnya.
- Tersenyumlah sebanyak mungkin pada bayi Anda meski dia tidak membalas senyuman Anda. Dia akan merasakan kehangatan emosional yang Anda curahkan kepadanya.
- Sebisa mungkin tenangkan bayi Anda saat dia menangis, meski Anda tidak selalu tahu apa yang membuatnya menangis.
- Bicaralah pada bayi Anda di setiap kesempatan saat memberi makan, mengganti popok, dan bermain dengannya. Kata-kata memperkuat hubungan Anda dengannya.
- Saat Anda memeluk bayi Anda, sentuhlah pipi dan dagunya dengan lembut. Dia akan terlihat menggerakkan kakinya dengan senang.