Homeschooling For Kids Bandung

I. PENDAHULUAN

Anak adalah titipan Tuhan YME yang merupakan karunia dan membuat setiap orang tua akan terus berusaha memberikan bekal terbaik bagi anak-anaknya untuk sampai pada titik strategis agar dia mampu berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain, dengan lingkungan bertumbuh yang sehat dan menyenangkan, pendidikan yang memadai, kasih sayang berupa pemenuhan segala kebutuhan fisik dan psikisnya.

Otak anak pada usia 2-4 tahun mengalami perkembangan yang sangat pesat, hingga 80%. Pada usia tersebut terjadi masa peka, dimana terjadi pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Oleh sebab itu dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal.

Homeschooling hadir sebagai inovasi pendidikan untuk membantu mengambangkan potensi besar dalam diri anak usia dini. Belajar tak lagi di sebuah tempat dan dalam waktu tertentu saja, tetapi bisa terjadi di mana saja dan sepanjang hari. Sumber belajar pun tidak hanya sosok tertentu dan buku pelajaran, tetapi dapat siapa saja dan apa saja.

II. MAKSUD DAN TUJUAN

A. MAKSUD
Membantu anak usia 2-4 tahun agar siap melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

B. TUJUAN
Membantu menyelesaikan tugas-tugas perkembangan anak usia 2-4 tahun, serta mngembangkan potensi dan kecerdasan anak, yakni Multiple Intelligences (Gardner) :

1. Kecerdasan linguistik

2. Kecerdasan matematis-logis

3. Kecerdasan spasial

4. Kecerdasan kinestetis-jasmani

5. Kecerdasan musikal

6. Kecerdasan interpersonal

7. Kecerdasan intrapersonal

8. Kecerdasan naturalis

III. KEUNGGULAN HOMESCHOOLING

Beberapa keunggulan homeschooling bagi anak :

a. Membangun kemandirian dan kreativitas individual, bukan pembelajaran secara klasikal.

b. Memberi peluang untuk mencapai kompetensi individual semaksimal mungkin.

c. Memberi ruang lebih luas kepada anak untuk melakukan kegiatan keagamaan dan rekreasi/ olah raga.

d. Membantu anak lebih berkembang, memahami diri dan perannya, serta mengondisikan anak dengan berbagai situasi, kondisi, dan lingkungan sosial.

IV. METODE

Metode homeschooling bagi anak usia 2-4 tahun adalah dengan bermain, karena bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain merupakan konsep dasar pendidikan prasekolah. Dengan bermain, anak memiliki kesempatan untuk bereksplorasi, menemukan, mengekspresikan perasaan, berkreasi, belajar secara menyenangkan. Selain itu, bermain membantu anak mengenal dirinya sendiri, orang lain dan lingkungan, karena homeschooling dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.


Informasi dan Pendaftaran :

Ibu Grace(022) 92386333/ 08164866654